Agenda Kegiatan















03/10/2012 10:49:34 PM

POLITEKNIK KESEHATAN KUPANG

Jakarta - 1. Sejarah
Seiring dengan tuntutan masyarakat terhadap tenaga kesehatan professional yang bermutu sesuai dengan kebutuhan, maka upaya kesehatan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan

Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas institusi pendidikan adalah melalui pendekatan manajemen pendidikan terpadu dengan mengembangkan kelembagaan institusi pendidikan dari akademi kesehatan yang ada di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Timur menjadi Politeknik Kesehatan. Hal itu sangat berarti untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar baik dari aspek teknis maupun administrasinya, memberikan kepastian status baik bagi dosen maupun mahasiswa serta meningkatkan efisiensi dan efekitfitas penyelenggara pendidikan dalam hal pendayagunaan tenga pengajar dan sarana prasarana yang ada.

Berdirinya Politeknik Kesehatan Kupang dilandasi dengan SK Menkes-Kesos RI Nomor : 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan. Sejalan dengan SK tersebut maka pada September 2001 dibawah koordinasi Direktur Akademi Keperawatan Kupang yang bertindak sebagai ketua panitia membentuk tim Adhoc Pengorganisasian Politeknik Kesehatan Kupang dalam masa peralihan yang disahkan dengan SK Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Nomor : HK.00.06.21.4199 tanggal 8 November 2001 dengan anggota terdiri dari unsur Akademi Keperawatan Kupang, Akademi Keperawatan Ende, Akademi Keperawatan Waingapu, Akademi Kesehatan Lingkungan Kupang dan Akademi Kebidanan Kupang. Pada Oktober 2001, dibahas pemilihan calon Direktur Politeknik Kesehatan Kupang, Pembantu Direktur, Atasan Langsung Bendahara, Penenentuan Lokasi, Inventarisasi SDM. Pada November 2001, pemilihan ketua jurusan dan ketua program studi untuk Keperawatan Kupang, Ende, Waingapu, Kesehatan Lingkungan Kupang dibawah pembinaan Tim Adhoc. Pada April 2002, Pelantikan Direktur Politekni Kesehatan Kupang sesuai SK Menteri Kesehatan RI Nomor : KP.04.04.4.2.496 dengan Kantor Pusat di Jalan El Tari II Liliba Kupang. Pada September 2002, pengangkatan jabatan Pembantu Direktur dan Pengukuhan Ketua Jurusan Keperawatan Kupang, Ketua Program Studi Keperawatan Ende, Ketua Program Studi Keperawatan Waingapu, Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Kupang dan Ketua Jurusan Kebidanan Kupang disahkan dengan SK Direktur Politeknik Kesehatan Kupang Nomor : HK.00.02.02.1.330. Setelah berjalan selmaa dua tahun lima bulan, Politeknik Kesehatan Kupang mendapat tambahan 2 program studi baru yaitu Program Studi Kesehatan Gigi dan Program Studi Farmasi yang sebelumnya merupakan institusi Akademi Kesehatan Gigi dan Akademi Farmasi. Masuknya kedua program studi ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.00.06.1.4.2.02225 Tentang Penataan Lokasi Pelaksanaan Program Studi pada beberapa jurusan di Politeknik Kesehatan Padang, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Manado dan Makasar. Demikianlah sekelumit sejarah berdirinya Politeknik Kesehatan Kupang.

2. Tujuan Pendidikan
Tujuan Politeknik Kesehatan Kupang adalah :

  1. Menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu menjadi role mode dalam bidang kesehatan
  2. Mengembangkan praktek mandiri dalam sistem pelayanan kesehatan nasional sesuai kebutuhan masyarakat baik lokal, regional, nasional maupun global
  3. Menyebarluaskan tekhnologi tepat guna yang diperlukan dalam pembangunan sistem kesehatan nasional untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kesejahteraan umum
  4. Menciptakan tenaga kesehatan yang profesional sesuai standar minimal dalam negeri maupun luar negeri
3. Visi dan Misi
  • Visi
    "Mewujudkan Politeknik Kesehatan Kupang yang handal dalam menghasilkan tenaga kesehatan profesional, bermoral dan etika profesi menuju Indonesia Sehat 2010"
  • Misi
    • Menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional dengan selalu mengutamakan kepuasan klien dan berorientasi pada permintaan pasar.
    • Mengembangkan pendidikan tinggi kesehatan menjadi mitra kerja masyarakat agar masyarakat mampu secara mandiri menjaga kesehatannya.
    • Menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu memelihara, mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai nilai-nilai moral dan etika profesi.
    • Memberdayakan individu, keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya.
    • Mengemban Tridharma Perguruan Tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai misi Pendidikan Tinggi Kedina
STRUKTUR ORGANISASI POLITEKNIK KESEHATAN KUPANG
Politeknik Kesehatan Kupang adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang berada dibawah Bada Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) dan dipimpin oleh seorang Direktur yang bertanggungjawab kepada Kepala Badan. Direktur dalam melaksanakan tugas teknis, secara fungsional dibina oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan.

Politeknik Kesehatan Kupang mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program Diploma I, Diploma III, dan atau program Diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Politeknik Kesehatan Kupang mempunyai fungsi :
  1. Pelaksanaan pengembangan pendidikan profesional dalam sejumlah keahlian bidang kesehatan.
  2. Pelaksanaan penelitian di bidang pendidikan profesional dan kesehatan
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.
  4. Pelaksanaan pembinaan civitas akademika dalam hubungannya dengan lingkungan
  5. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administratif
Politeknik Kesehatan Kupang mempunyai 3 jurusan dan 4 program studi, yaitu :
  1. Jurusan Keperawatan Kupang
  2. Jurusan Kesehatan Lingkungan Kupang
  3. Jurusan Kebidanan Kupang
  4. Program Studi Keperawatan Waingapu
  5. Program Studi Keperawatan Ende
  6. Program Studi Kesehatan Gigi
  7. Program Studi Farmasi
(pusdiknakes.or.id)

HUBUNGI

  • Jl. Hang Jebat III Blok F3, Kebayoran Baru Jakarta Selatan - 12120
  • (021) 726 0401
  • (021) 726 0485